Thursday 3 May 2018

Hentikan Merokok


Merokok hanyalah banyak sengsaranya
1. Uang habis
2. Sakit tubuh
3. Merusak lingkungan
Indonesia sebagai negara dengan kebiasaan merokok tertinggi di Asia Tenggara sehingga dapat dikatakan surga merokok itu Indonesia dan bukanlah hal membanggakan melihat anak-anak di Indonesia sudah merokok dibawah 10 tahun karena pengaruh lingkungan baik itu keluarga maupun teman-temannya.
Sekitar 90 juta orang. Berapa juga uang yang mereka habiskan untuk beli rokok tiap hari? Rp1 triliun, dengan anggapan mereka merokok 12,3 batang sehari dan harga rokok "hanya" Rp1.000 sebatang.
Hingga tahun 2013, jumlah perusahaan rokok yang beroperasi di Indonesia mencapai 1.530 buah. Indonesia juga tercatat sebagai negara dengan jumlah perokok terbesar ke-3 di dunia dengan jumlah perokok sebanyak 65 juta perokok atau sekitar 28% jumlah penduduk Indonesia.


Usaha pemerintah sebaiknya diberikan lebih daripada hanya memberi denda seseorang merokok di tempat yang bukan untuk merokok


Melalui Peraturan Menteri Keuangan (PMK) nomor PMK-146/PMK.010/2017 tentang Tarif Cukai Hasil Tembakau, persentase kenaikan tertimbang tarif cukai di tahun 2018.
Untuk jenis Sigaret Kretek Mesin (SKM) sebesar 10,9%, dan Sigaret Putih Mesin (SPM) sebesar 13,5% karena merupakan pabrikan besar dan merupakan industri padat modal.



Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Setelah Cukai Tembakau Naik, Ini Daftar Terbaru Harga Rokok, http://www.tribunnews.com/nasional/2018/01/09/setelah-cukai-tembakau-naik-ini-daftar-terbaru-harga-rokok.

Editor: Mohamad Yoenus

No comments:

Post a Comment