Thursday 21 April 2016

Selamat Hari Kartini

Girls
ada wanita penemu yang ada di dunia
http://www.kaskus.co.id/thread/508d962fe474b4d22e000001/13-wanita-penemu-yang-berpengaruh-di-dunia-serba-13/
Mary Phelps Jacob (April 20, 1891–January 26, 1970), berkat dia kita sekarang bisa memakai bra cantik sebagai pakaian dalam. Dulunya, para cewek harus pakai korset yang menyakitkan untuk menahan payudara mereka. Kemudian di tahun 1914, Mary Jacob membuat bra yang nyaman, yang terbuat dari sutra dan pita sebagai pakaian dalam wanita.

Josephine Cochrane Keluarga Josephine sering melakukan tradisi yang lumrah dilakukan oleh orang2 kaya Eropa pada abad itu, yaitu Berpesta. Josephine melihat dampak dari pesta adalah menumpuknya piring2 kotor yang artinya menambah beban pekerjaan di dapur. Ia memang tidak pernah bersentuhan langsung dgn urusan dapur namun ia menyadari bahwa mencuci piring bukanlah pekerjaan yg mudah. Akhirnya, ia berkata “Jika ada orang lain yang akan menciptakan mesin pencuci piring, aku akan melakukannya sendiri”. Dan hebatnya, dia berhasil menciptakannya.

Wanita asal Amerika, Martha Coston (1859) berhasil menyelesaikan proyek terakhir suaminya yang belum selesai. Ia menyelesaikan proyek pembuatan sebuah sistem signal dengan berbasis cahaya bagi Angkatan Laut. Saat ini, semua kegiatan militer dan juga penyelamatan sangat mengandalan cahaya sorot sebagai salah satu bentuk komunikasi.

Stephanie Kwolekdilahirkan pada tanggal 31 Juli 1923 di New Kensington, Pensylvania, Kwolek kuliah di Institut Tekhnologi Carnegie (kampus wanita , yang sekarang dikenal sebagai Universitas Carnegie Mellon) di Pittsburgh pada tahun 1942, Kwolek ditugaskan untuk meneliti serat baru berkinerja tinggi yang bersifat tahan asam dan basa, dan stabil pada suhu tinggi. Setelah penelitian dan percobaan yang cukup lama, ia menciptakan polimer cair, yag setelah digulung, lebih kuat lima kali dari baja dan memiliki kerapatan serat kaca. Polimer ini disebut Kevlar dan didaftarkan sebagai paten milik DuPont.

Marie SkÅ‚odowska-Curie (7 November 1867 – 4 July 1934). ahli kimia dan fisika Perancis kelahiran Polandia yang sampai sekarang merupakan satu-satunya orang yang pernah mendapatkan hadiah nobel di dua bidang,yaitu fisika dan kimia. Penemuannya dibidang radioaktif membuat Marie Curie masuk ke dalam daftar penemu yang berpengaruh kepada dunia. Marie Curie adalah wanita pertama pemenang nobel dan juga adalah wanita pertama yang menjadi professor di Universities of Paris. Penemuan pertamanya pada elemen kimia yang ditemukan tahun 1898 diberi nama 'polonium' dan penemuan berikutnya adalah radium beberapa bulan kemudian. Radium adalah zat radioaktif yang banyak digunakan dalam bidang kedokteran, untuk menghilangkan penyakit kanker dengan menyinari sel-sel kanker dengan zat radioaktif tersebut.

Aramaid atau Kevlar adalah bahan pada baju anti peluru. Material ini ditemukan tahun 1964, oleh Stephanie Kwolek, seorang ahli kimia berkebangsaan Amerika, yang bekerja sebagai peneliti pada perusahaan DuPont. 

Aramid adalah kependekan dari kata aromatic polyamide. Aramid memiliki struktur yang kuat, alot (tough), memiliki sifat peredam yang bagus (vibration damping) , tahan terhadap asam (acid) dan basa (leach) dan selain itu dapat menahan panas hingga 370°C,sehingga tidak mudah terbakar.

Karena sifatnya yang demikian, aramid juga digunakan di bidang pesawat terbang, tank, dan antariksa (roket).Produk yang dipasarkan dikenal dengan nama Kevlar. Kevlar memiliki berat yang ringan, tapi 5 kali lebih kuat dibandingkan besi.






No comments:

Post a Comment