Saturday 17 March 2012

The Hunger Games

Clove, Marvell, Foxface, Thresh, Glimmer, Cato, Rue, Peeta, Katniss, Gale

Hello blogger
Ya sekarang saya setidaknya minta maaf kembali karna sudah mau mendekati Ujian Negara (UN) post akan menipis dan terlambat.
Saya akan posting tentang trilogi novel yang baru bulan ini saya baca.
The Hunger Games…
Very excited for March Twenty Third 2012
Ga cuma itu karena masih ada seri keduanya yaitu Catching Fire dan penutupnya Mockingjay yang akan saya bahas bersama seluk-beluknya *halah.
Hari ini saya agak free (catat Kamis, 14 Maret 2012 saya mengetik ini *plak)
Nah, ceritanya ya saya memang sudah pernah meringkas dan menceritakannya pada Illyanda Fayruz Azzahra, teman sekelas saya.
3 hari diantara kegiatan yang membuat tercekat setiap hari menuju UN.
Tapi sebelum saya menceritakannya saya akan ambil beberapa kata, quote yang saya suka dari The Hunger Games dulu…
‘Aku tidak ingin menjadi pion Capitol. Aku ingin tewas menjadi diriku sendiri. Hanya saja… Aku tidak ingin menjadi monster di arena~Peeta Mellark’
Let’s start it…
                Amerika Utara musnah dan didirikanlah negara Panem disana dengan Capitol sebagai pusat pemerintahannya dan disekitarnya berdiri 12 distrik. Sebelumnya ada 13 distrik namun distrik ke-13 dihancurkan pada masa kegelapan itu ya 74 tahun lalu karena adanya pemberontakan. Panem memiliki Snow sebagai Presiden. Hunger Games adalah acara hiburan untuk Capitol demi menekan pertumbuhan penduduk dan memberikan penghargaan pada distrik yang menang selama setahun. Dicari 1 pemenang dari 24 peserta yaitu 2 masing-masing dari distrik mereka. Distrik 1 memiliki tugas dalam perhiasan. Distrik 2 memiliki tugas dalam penjaga perdamaian. Kedua distrik ini makmur dan distrik 2 dianggap seperti kaki tangan Capitol karena mereka berada di dekat gunung yang dulu dijadikan tempat cakap dalam perang karena perang ditaklukkan juga sebagian karena posisi gunung. Distrik 3 adalah bagian dari elektronika dan juga pengaktifan ranjau darat. Distrik 4 adalah tempat perairan dan segala yang berhubungan dengan hal itu ditemukan.
Distrik 5 dikatakan sebagai genetika dan yang akan diceritakan saya pertama adalah burung Mockingjay, ini adalah hasil genetika Capitol. Mockingjay sebenarnya bukan hasil genetika sebenarnya. Mockingjay adalah hasil perkawinan silang dari Jabberjay dan Mockingbird yang mana Jabberjay sebagai orisinal genetika yang dapat merekam segala yang diucapkan manusia karena burung ini awalnya digunakan untuk mengetahui setiap obrolan di Panem namun karena diketahui oleh sadapan itu maka orang-orang memberikan info yang salah dan akhirnya Jabberjay dibuang tapi tidak seperti yang awalnya diperkirakan, mereka tidak punah namun menjadikan spesies yang dapat merekam beberapa obrolan dan nada sedikit dari manusia. Distrik 6 adalah tugas transportasi lalu distrik 7 adalah bagian perkayuan. Tekstil dari distrik 8. Pertanian dari distrik 9. 10, 11, 12 adalah peternakan, perkebunan, dan pertambangan. Oiya 13 adalah bagian nuklir. Peran utama ada di 12… Katniss Everdeen.
Katniss and Gale
                Dia kehilangan ayahnya 9 tahun lalu dan sekarang dia harus menghidupi ibu dan adik perempuannya yang baru berumur 11 tahun, Primrose Everdeen. Bersama sahabatnya, Gale Hawthorne dia sering berburu keluar dari distrik 12 menuju hutan yang dibatasi pagar yang sekarang tidak berarus listrik dan hanya tinggal melewati lubang kecil dibawahnya. Saat berburu muncul pesawat ringan Capitol yang membunuh 1 anak lelaki yang berlari dengan anak perempuan yang ditangkap dan diambil pesawat itu lewat jaring, Katniss dan Gale tidak tahu harus berbuat apa namun hari itu adalah hari pemungutan.
                Tiap tahun, Panem merayakan acara hiburan yaitu dengan diadakan The Hunger Games dengan 2 peserta satu lelaki dan satu perempuan dari umur 11-18 tahun di tiap-tiap distrik. Mereka harus saling membunuh dan akan tersisa 1 pemenang yang mana 1 pemenang akan memberikan kemakmuran setahun pada distriknya. Tessera adalah hadiah yang didapatkan jika nama yang dimasukkan di nama pemungutan lebih dari umurnya, 12 nama, untuk 1 tessera yang terdiri dari gandum dan minyak untuk sebulan untuk anak berumur 11 tahun. Tentu, Katniss tidak ingin adiknya mendapat tessera. Madge, anak wali kota distrik 12 suka membeli stroberi dari Katniss. Hob adalah tempat dimana para pedagang gelap bisa berkeliaran dan Katniss sering kesana untuk menukar daging buruan kepada Greasy Sae yang menjadi juru masak disana. Penjaga perdamaian juga sering ke sana karena suka mabuk di distrik miskin ini.
Detailnya pagi ini dia mendapati keju tadi pagi sebelum hari pemungutan dari adiknya, yang tepatnya dihasilkan dari susu kambingnya, Lady. Dan Prim juga memiliki Buttercup sebagai kucingnya. Prim terpilih dari semua nama dan Katniss menggantikannya, pasangannya adalah Peeta Mellark. Eits disini ada bagian yang akan disimpan sampai nanti. Mereka pergi dan Madge memberikan pin Mockingjay yang ia dapat dari bibinya juga ayah Peeta, tukang roti, berkata akan menjaga 2 bagian keluarganya selain Gale yang pasti menghidupi mereka.
Cinna, Haymitch, Peeta
Katniss and Peeta
                Haymitch adalah mentor dari distrik 12 karena tidak ada lagi pemenang dari distrik 12. Effie Trinket adalah seperti pengawal jadwal mereka. Tim persiapan Katniss adalah Cinna, lelaki berpenampilan normal tidak seperti penata gaya lain, Venia, Flavius, dan Octavia. Sedangkan untuk Peeta adalah Portia. Haymitch berkata Katniss dan Peeta harus saling terlihat mesra daripada distrik lain dan penampilan mereka memang memukau juga dengan bantuan para tim persiapan. Peeta dan Katniss menghadapi latihan dan Haymitch berkata mereka tidak boleh menunjukkan total kemampuan mereka karena mereka harus menyimpannya sampai di depan juri pertarungan. Katniss pandai memanah dan Peeta seperti yang dikatakan Katniss, pandai angkat besi. Mereka menghadapi wawancara dengan Caesar Flickerman yang sangat bersahabat. Peeta mengatakan bahwa dia mencintai Katniss tapi Katniss baru sadar Peeta melakukannya supaya Katniss mendapat sponsor di arena nanti setelah Katniss menghancurkan jembalang dengan tangan Peeta.
Dress up Katniss, Peeta, and Cinna
Effie Trinket, Haymitch, Katniss
Caesar Flickerman and Katniss
  
                Katniss sangat kesal karena juri pertarungan banyak yang tidak memperhatikannya dan dia memberontak dengan memanah apel di kepala babi yang baru matang di meja juri pertarungan tetapi itu ternyata tidak mengeluarkannya dari The Hunger Games malah mendapatinya nilai yang sangat baik. Peserta lain ada Marvell dan Glimmer (Distrik 1), Cato dan Clove (Distrik 2), Foxface (Distrik 5), Thresh dan Rue (Distrik 11). Sebelum memasuki arena, para peserta diberikan logam deteksi di lengan atas mereka.
                Memasuki arena Katniss tidak sempat mengambil busur dan malah mengambil tas persiapan karena Peeta lalu dia melanjutkan mencari air seperti yang dikatakan Haymitch, mentornya. Cornucopia tempat awal mereka datang dimana semua persediaan diadakan dan tempat paling banyak memakan korban juga tempat ranjau dari 60 detik dekat silinder sebelum dimulai permainan.  Tiap malam akan ada lambang negara Capitol di langit, lagu nasional, dan korban-korban yang tewas sedangkan bagi rakyat Panem akan diberikan rekaman kegiatan para peserta di arena. Katniss harus mencari minum sampai dia melihat Peeta berada bersama dengan para peserta karir yaitu peserta yang memang sudah kuat dan bersekutu biasanya mereka adalah peserta dari distrik 1, 2, 3, dan 4. Namun, bagi kedua peserta dari masing-masing distrik bisa dipastikan sekutu. Untuk menegaskan permainan membingungkan Katniss dan Peeta yang Katniss juga bingung jika ia pikirkan jadi dia hanya menyeringai pada pagi harinya.
Hampir tewas, akhirnya Katniss menemukan danau tetapi malamnya para juri pertarungan membuat rintangan untuk mendekatkan para peserta dan terjadilah kebakaran yang menggiring Katniss bertemu dengan para peserta karir dan Katniss harus tinggal di pohon malam itu. Rue ada di pohon diseberangnya tetapi bukan ingin membunuh dia hanya menunjuk tawon penjejak dekat Katniss yang sebagai hewan genetika yang juga pembunuh. Luka bakar Katniss bekas rintangan cukup besar dan Haymitch memberikan salepnya melalui sponsor. Esoknya sebelum para peserta karir bangun, Katniss menjatuhkan rumah tawon penjejak namun ia masih terkena 3 sengatan tawon itu dan membuatnya sedikit berhalusinasi. Mengambil busur dari Glimmer yang menggelembung pecah tubuhnya ternyata tawon itu juga membunuh peserta distrik 4, setelah dentuman berbunyi dari lengan peserta dan pesawat ringan Capitol datang membawanya Peeta datang dan menyuruh Katniss pergi saat Cato menombak kakinya.
Merasa diselimuti gelembung oranye dan tertidur di dekat sungai, sore hari Katniss terbangun dan dia sendiri bingung dengan apa yang terjadi. Rue datang dan Katniss mengajaknya menjadi sekutu dan Rue memberitahukan info tentang distrik 11 dimana Rue bekerja untuk memberitahukan kapan selesainya panen dengan nada suaranya yang diikuti Mockingjay ternyata Mockingjay belum benar-benar punah, sisa keturunannya masih ingin bertahan hidup. Esoknya mereka berencana untuk menghancurkan persediaan makanan dan persiapan peserta karir sehingga mereka benar-benar bertahan hidup di arena. Dengan tanda 3 pembakaran yang akan dinyalakan dan memberikan tas tidur kepada Rue, Katniss bersembunyi dekat semak dimana Foxface datang ketika peserta karir termakan dengan pembakaran kayu dan Foxface seperti menari dan memecahkan kode dekat persediaan makanan peserta karir hanya untuk mendapati apel dan pergi dengan tidak mengetahui keberadaan Katniss.
Rue
Katniss tahu pasti ada sesuatu di dekatnya dan dia menembak panahnya ke robekan karung apel ketika apel jatuh dan meledaklah sekitarnya. Telinga kiri Katniss rusak dan dia langsung kembali ke semak ketika Cato datang dan langsung memelintir leher anak lelaki distrik 3. Katniss tertidur dibawah semak dan esok dia langsung ke sungai tempat pertama Rue menyalakan api, tidak ada Rue dan Katniss menuju tempat kedua, juga tidak ada Rue dan di tempat ketiga saat semua api menjadi abu tapi Rue tak ada dan terdengar bunyi Mockingjay setelah Katniss memanggil Rue. Namun, Rue tertombak Marvell dan Katniss memanah Marvell dan Rue tewas saat dia meminta Katniss bernyanyi dan Katniss bernyanyi sambil memberikan bunga ke raga Rue dan pesawat ringan membawanya. Malam hari, Katniss mendapat roti dari distrik 11 dan Claudius Templesmith selaku presenter muncul setelah layar di angkasa memberitahukan korban tewas. Claudius berkata pemenang kali ini tidak hanya 1 namun dapat menjadi berpasangan dari distrik yang sama maka esoknya Katniss mencari Peeta.
Katniss menuju tempat tawon penjejak dan melihat bercak darah menuju sungai dan menuju gua. Ketika melihat kamuflase Peeta yang sangat mengagetkan, Katniss segera membersihkan Peeta dan mengobati Peeta dengan salep pada kakinya namun ternyata malah menjadi infeksi. Peeta tidak ingin Katniss pergi begitupun sebaliknya. Katniss sadar dia berciuman untuk bertahan hidup karena penonton akan memberi sponsor dengan makanan tapi ketika dia berbagi cerita dan dia merasakan 1 ciuman yang tulus ketika keduanya memang saling mencintai tanpa adanya kamera atau tekanan The Hunger Games untuk berpura-pura mencintai.
Sebelum tidak tahan melihat Peeta merintih kesakitan, Claudius muncul memberitahukan Pesta di Cornucopia. Tentu bukan ‘Pesta’ biasa tetapi disana disediakan tas bagi peserta yang tersisa dan disana juga biasanya menjadi penghabisan peserta. Katniss ingin pergi karena mungkin disana obat Peeta tersedia tetapi Peeta tidak mengizinkannya. Sebelum Katniss mengira bahwa Haymitch akan memberi obat kepada Peeta namun dugaannya terganti dengan botol kecil sirup. Cukup untuk membuat tidur seharian. Saat menyelipkan sirup dengan berry, Katniss memberi pada Peeta. Peeta memakannya namun tentu dia curiga saat rasanya manis lalu dia tertidur lelap tak ikhlas.
Katniss pergi dan di dekat arena Clove melempar pisaunya ke kening Katniss lalu Katniss mendapatkan tasnya namun Clove sudah menibannya dan hampir merobek bibirnya saat Thresh datang dan hanya dengan 1 hentakan tangan dengan batu tengkorak Clove penyok. Thresh membiarkan Katniss lari untuk Rue. Berdarah-darah Katniss hanya menyuntikkan 1 obat di tas ke Peeta dan tertidur sampai hujan datang. 3 hari dibawah hujan luka Peeta sudah membaik dan mereka hanya makan yang tersisa ketika melihat Cato membunuh Thresh. Maka hanya tinggal mereka berempat.
Esoknya saat cuaca hangat,  Katniss dan Peeta berburu tetapi kaki Peeta tidak bisa diajak kompromi sehingga Peeta hanya menunggu di dekat sungai dengan pisau. Katniss berhasil mendapat kelinci seperti biasa tetapi saat kembali dia tidak menemukan Peeta ketika suara dibalik pohon mengagetkannya dan dia menembak panah tapi langsung meleset ke pohon ketika Peeta muncul. Peeta membawa berry dan Katniss marah karena cemas. Dia mengecek keju dan sudah tergigit dia semakin marah kepada Peeta karena tidak menunggunya untuk makan. Namun ada yang janggal. Terdengar dentuman di belakang dan Foxface tewas. Ketewasannya karena buah berry nightlock yang dibawa Peeta karena Peeta tidak tahu berry itu berbahaya dan Foxface memakannya.

Peeta on bakery
Mereka kembali ke gua dengan mengantongi berry itu. Esoknya mereka siap untuk membunuh Cato. Panas menyengat dan seluruh mata air kering yang pastinya menggiring mereka menuju danau. Tidak ada Cato. Katniss mengeluarkan beberapa nada untuk menghibur diri dan Mockingjay mengikutinya ketika Peeta berkata bahwa itulah pertama kali yang membuatnya jatuh cinta sama seperti ibu Katniss jatuh cinta kepada suaminya yang memiliki suara indah. Peeta adalah anak tukang roti yang hanya memakan roti bekas dan basi. Dia yang menyelamatkan hidup Katniss saat umur Katniss 7 tahun dengan sepeninggalnya ayah Katniss. Katniss hendak menjual pakaian bayi untuk menghidupi adiknya yang kelaparan dan ibunya yang depresi juga kelaparan. Peeta sepertinya sengaja menggosongkan roti dan membuatnya ditampar ibunya. Peeta memberi dua roti besar itu ke Katniss yang harusnya untuk babi saat hujan deras. Katniss tidak tahu dia juga memperhatikan Peeta karena dia bingung bagaimana cara berterimakasih dan dia meniupkan dandelion. Dia juga entah memperhatikan Peeta dengan rekornya mengangkat beban berat saat Haymitch bertanya apa kemampuan mereka berdua.
Cato datang dengan baju pelindungnya dan mutt peserta yang tewas. Katniss sudah menembak Cato ketika mutt membuat luka baru pada kaki Peeta dan mereka hanya bisa menunggu esok. Tidak ada apa-apa ketika Cato sudah menjadi bubur oleh mutt. Sampai suara Claudius muncul berkata bahwa pemenang hanya ada satu. Katniss sudah hendak memanah Peeta ketika Peeta melepas pisau dan Katniss malu lalu dia mencoba Peeta membunuhnya tetapi tidak ada cara lain. Mereka hendak memakan berry nightlock ketika suara Claudius muncul dan mengucapkan selamat bahwa sekarang dijadikan kembali 2 pemenang.
Mereka dibawa ke pesawat ringan. Katniss memiliki tubuh seperti kulit bayi dan telinganya sudah menjadi benar. Peeta memakai kaki palsu. Ketika Haymitch berkata pada Katniss bahwa Snow membunuh Saneca Crane sebagai juri pertarungan yang plin-plan dan membuat pemberontakan. Yang perlu diingat bahwa Katniss dan Peeta harus saling meyakinkan Capitol mereka mencintai tanpa terkecuali. Peeta ternyata belum diberitahu soal ini. Mereka menghadapi wawancara kembali dengan Caesar dan berciuman.

Wew agak gantung ya tapi sebelum lanjut ke Catching Fire sama Mockingjay coba baca novelnya sebelum 4 hari lagi guys…
Oiya ada lawakan teman saya yang berkata bahwa lanjutan Mockingjay adalah juz amma yang tentu saya jawab itu 1 hari belum bisa terselesaikan oleh saya -___-v
Dan sebagai jawaban dari tweet saya waktu saya berkata untuk memberitahu nama cewek yang saya suka, ya saya kasih cluenya aja 'Up, thx'
Salam The Hunger Games

No comments:

Post a Comment