Saturday 3 December 2011

Go Green

Salam hijau hehe,
 hijau hehe,
oke kali ini saya akan membahas cara dan tips untuk mencegah global warming,
sebelumnya udah tahu kan apa itu global warming? Ya, global warming bukan global warning -_-
ya, global warming adalah pemanasan global dikarenakan sebagian besar oleh ulah manusia,
seperti membuat terlalu banyak rumah kaca, tidak hanya gedung-gedung namun juga bangunan dengan kaca yang banyak,
lalu polusi kendaraan, rokok, menghabiskan banyak sumber daya alam yang tidak bisa diperbaharui, listrik, dan lainnya,


oke lanjut, ini adalah beberapa tipsnya,
1. Pada makanan dan minuman
 Dari penelitian untuk menghasilkan 1 kg daging, sumber daya yang dihabiskan setara dengan 15 kg gandum. Peternakan juga penyumbang 18% “jejak karbon” dunia, yang mana lebih besar dari sektor transportasi (mobil, motor, pesawat, dll). Belum ditambah lagi dengan bahaya gas-gas rumah kaca tambahan yang dihasilkan oleh aktifitas peternakan lainnya seperti metana yang notabene 23 kali lebih berbahaya dari CO2 dan gas NO yang 300 kali lebih berbahaya dari CO2. Jadi, senangi vegetarian :D. Lalu makanlah makanan lokal karena jika membeli makanan dari luar akan lebih sering transportasi yang digunakan, dan jika makan atau minum pakailah tempat yang dapat digunakan berulang-ulang karena energi membuat 1 kaleng alumunium sama dengan energi menyalakan televisi selama 3 jam. Selanjutnya belilah makanan dalam jumlah besar karena makanan dengan sachet akan lebih banyak menghabiskan sampah.
Matikan oven beberapa menit sebelum waktunya, karena oven yang dibiarkan tertutup panasnya akan tetap. Jika kalian penggemar fast food, kurangi makanan itu karena selain berbahaya bagi tubuh, fast food juga salah satu penyumbang sampah terbesar. Saat berbelanja makanan lebih baik memakai tas belanja yang dapat dibawa dan dipakai berkali-kali, jangan malu jika diejek, juga belanjalah ke tempat yang dekat supaya tidak menghabiskan energi dari transportasi.
2. Dalam rumah
AC
 Cobalah menurunkan suhu AC karena jika terlalu dingin akan mengalami kebocoran dan pemborosan biaya, selain itu pakailah timer pada AC, gunakan pula penghangat air tenaga surya, supaya tidak banyak membuang gas, listrik, dan energi lain dalam menghangatkan air.
Hemat terus air, gunakan kaca pada plafon supaya penerangan lebih alami dari lampu, namun jangan terlalu banyak memasang kaca, gunakan lampu yang hemat energi. Selain menghemat biaya, dan mengurangi emisi CO2 cobalah tetap hemat listrik, jangan membiarkan peralatan elektronik stand by atau terlalu lama charge handphone, kamera dan lainnya.
Jangan terlalu sering membuka kulkas karena perlu 3 menit untuk kulkas mengembalikan suhu di dalamnya. Masaklah makanan dalam jumlah kecil. Jangan membeli bunga potong karena biasanya berasal dari tempat jauh. Cucilah pakaian dalam jumlah besar dan pakailah air dingin, jangan lupa memakai deterjen atau zat kimia pencuci yang ramah lingkungan.
Gunakan deodoran, hair spray secukupnya karena benda mengandung aerosol juga penyumbang global warming, lalu gunakan perabotan yang masih bisa dipakai, jika tidak bisa sumbangkanlah.
3. Dalam pekerjaan
Usahakan membawa bekal, karena jajanan dengan plastik dan styrofoam akan lebih banyak membuang sampah. Matikan peralatan yang stand by seperti HP atau UPS atau trafo. Gunakan sedikit kertas karena kertas juga menggunakan kayu dan dapat mengakibatkan hutan gundul. Pakai pensil isi untuk mengurangi grafit dan kayu pada pensil kayu. Gunakan sumber daya alam yang dapat diperbaharui bagi industri. Dan pakailah e-banking karena voucher dan atm menghabiskan sumber daya alam yang banyak.



Trafo
4. Dalam perjalanan
Janganlah sering-sering ke luar negeri dan pakailah kendaraan darat, karena pesawat penyumbang emisi terbesar berikutnya. Dalam tempat umum, usahakan pakai handuk atau alat lainnya berkali-kali dengan kondisi baik.

Gunakan mobil antar jemput saat anak sekolah dan gunakan transportasi umum untuk berpergian. Pakailah bahan bakar ramah lingkungan usahakan dengan langkah kecil yaitu memakai hibrida atau bio solar maupun bio pertamax karena sangat baik jika dapat menggunakan hidrogen pada bahan bakar.
Cek tekanan ban dan jadwal keberangkatan, dari beberapa survei dipercaya menjaga kondisi mobil pada kondisi optimal akan menghemat 5% penggunaan bahan bakar. Jika belum mempunyai kendaraan pribadi sewalah Family Car atau SUV pada kondisi destinasi jauh.
Matikan mesin jika menunggu terlalu lama dalam kendaraan.
Ini sangat sering terjadi. Panas saat menunggu bisa dikurangi dengan menggunakan kaca film yang baik atau penghalang sinar matahari yang banyak dijual di took-toko aksesoris mobil. Atau parkirkan mobil ditempat yang rindang. Cari yang area kerjanya sejalan dengan tujuan kerja, karena bisa berbagi biaya perjalanan dengan mereka.
Ganti perseneling lebih awal bisa mengurangi konsumsi BBM hingga 15%. Jika mendekati kemacetan atau lampu lalu lintas berhentilah perlahan bukan dengan rem mendadak. Hindarkan mengemudi dengan kasar. Pindahkan gigi saat mencapai 2500-3000 rpm. Dan mengemudilah di batasan 1500-3000 rpm, beberapa survei mendapatkan hasil yang memuaskan dalam kehematan BBM dalam range tersebut.
~Elektronik
Gunakan peralatan dengan baterai yang bisa diisi ulang. Jika harus menggunakan yang satu kali buang gunakan lithium-ion (Li-Ion) and nickel metal hydride (NiMH) sangat hemat biaya dan juga efektif.
Lithium-ion
Misalnya pilihlah TV LCD daripada TV CRT (TV tabung konvensional). Carilah AC atau kulkas dengan konsumsi listrik terendah, dll. Saat ini tidak terlalu sulit untuk menemukan produk elektronik hemat energi karena produsen beramai-ramai mulai memfokuskan strategi pemasarannya ke produk-produk seperti itu. Lihat saja dari seberapa sering Anda melihat iklan-iklan AC hemat energi di media cetak maupun elektronik. Jangan mudah berganti alat elektronik jika masih dalam kondisi baik.
5. Alat pembersih
Meskipun masih lebih mahal, produk kebersihan yang ramah lingkungan sudah mulai hadir di supermarket. Belilah bila mampu. Sebenarnya cuka dan baking soda bisa digunakan untuk pembersihan hampir barang apapun. Campurlah cuka dengan air hangat (50:50), larutan cuka air tersebut dapat digunakan sebagai pembersih serba guna.. Baking soda bisa digunakan untuk membersihkan bau pada karpet.
Pelihara sirkulasi yang baik dan jangan menggunakan terlalu banyak aerosol untuk pewangi ruangan, peliharalah bunga asli. Hubungi dinas kebersihan atau lingkungan di lingkungan untuk penanganan barang beracun.
Cukup ya?
Nah, kalo itu salah satu hal kecil yang bisa membawa dampak besar, langkah selanjutnya, coba biasakan tanam sedikitnya 1 pohon yang berukuran sedang, berdaun cukup lebat, dan usahakan berbuah ataupun bermanfaat untuk kita. Gak cuma ditanam di tanah, karena sekarang banyak cara hidroponik bahkan aeroponik, silahkan juga dengan polybag. Usahakan menaruh banyak tanaman pada 1 pot yang besar.
Coba juga untuk mengurangi plastik, zat kimia, dan sampah, jangan lupa untuk memakai benda-benda yang masih bisa digunakan, dan jika kalian dengan senang hati coba untuk mendaur ulang :D

1 comment:

  1. Betul banget tuh... okeh, kunjungi juga ya blog saya dan jangan lupa follow dan tinggalkan komentar. ntar ane follback... OK

    ReplyDelete