Monday 19 December 2011

Sahabat

Sahabat.. Hm..
Sahabat adalah seseorang yang bisa menemani kita saat suka dan duka. Banyak orang yang mengatakan dan memang benar halnya bahwa mendapatkan satu sahabat lebih sulit daripada mendapatkan seribu musuh karena mendapatkan musuh hanya tinggal melakukan sesuatu yang tidak disukai oleh orang lain.
Sahabat bukan hanya seseorang yang ada dalam suka, banyak yang mengatakan begitu tapi apakah kita sudah berbuat demikian untuk sahabat kita?
Mungkin jika sahabat sedang tidak bisa diganggu atau menemani kita, kita tidak bisa memaksakan kehendak kita. Kita juga seorang yang individualis jadi coba untuk tidak cepat kesal atau bahkan dendam dari hal tersebut.
Sahabat bisa menerima sahabatnya dengan apa adanya. Baik dari kelebihan sampai kekurangannya bahkan sahabat yang baik dapat mengurangi kekurangan sahabatnya.
Persahabatan itu tidak hanya berasal dari penampilan atau kelebihannya tapi biasanya sahabat dimulai dari persamaan sifat, karakter, dan/atau tingkah laku, komunikasi yang baik, dan kepercayaan.
Mulailah mencoba untuk mendapatkan sahabat karena biasanya sahabat yang baik itu lebih kental persaudaraannya daripada saudara kandung. Coba instropeksi diri jika kalian belum memiliki sahabat.
Mungkin ini adalah beberapa tips untuk mendapatkan sahabat:
1. Memfilter hal yang buruk menjadi hal yang baik
Jangan selalu berprasangka buruk dengan teman. Apalagi memang di zaman sekarang mungkin banyak orang jahat dan kita selalu berprasangka buruk dengan teman yang baru dikenal baik dari perkenalan langsung maupun tidak langsung. Jadi, jadikan suatu perkenalan dengan hal yang baik.
2. Bergaul dengan teman dan hal yang baik
Jika dalam perkenalan sudah baik, coba jadikan pertemanan menjadi hal yang baik. Jika memang teman tersebut memiliki sifat, karaker, dan/atau tingkah laku yang baik, cobalah mulai membiasakan berkomunikasi yang baik.
3. Jangan menjauhi teman yang dianggap buruk tapi cobalah menasihatinya
Mungkin kita pernah menjumpai seseorang yang buruk dengan sifat, karakter, dan /atau tingkah lakunya. Namun, jika kita selalu menjauhi orang tersebut tidak menutup kemungkinan kita bisa menjadi musuhnya. Maka, cobalah menasihatinya jika perlu meminta bantuan dari orang yang sekiranya dapat melakukannya.
4. Jaga komunikasi dan tetap selalu ada dalam suka dan duka
Siapa yang tidak suka komunikasi yang baik. Semua orang butuh orang lain itulah prinsip makhluk sosial. Jadi, jika kalian mendapatkan teman yang sudah mirip karakternya dengan kalian dan kalian dapat membangun pertemanan itu dengan hal yang positif, coba jaga terus komunikasi yang positif dan usahakan ada dalam suka dan duka.
5. Saling memberi tips
Setiap orang pasti memiliki masalah. Kadang ada yang di atas kadang ada yang di bawah. Terkadang seseorang selalu ingin mendapati posisi di atas dan meninggalkan yang di bawah. Jadi, jika ada sahabat yang mendapatkan masalah cobalah untuk membantunya.
6. Instropeksi diri
Jika sahabat kalian dalam masalah dan kalian sudah berusaha menyenangi sahabat itu dan memberikan tips namun sahabat kalian tetap merasa kalian tidak membantu. Usahakan kalian jangan marah tapi cobalah untuk instropeksi diri apakah ada kesalahan dalam diri kalian? Atau kalian kurang memberikan tips yang tepat untuk sahabat kalian.
Rasanya memang sangat tidak enak saat sahabat bermusuhan. Hampa.
Seseorang yang selalu ada namun bermusuhan, jadi tetap jaga persahabatan dengan baik.
Ini salah satu gambar persahabatan yang menginspirasi gue
pengen punya persahabatan kaya mereka hehe (:
Cayo…

No comments:

Post a Comment